PERTANIAN PALING MUDAH DI DAERAH PARONGPONG LEMBANG - BANDUNG

PERTANIAN PALING MUDAH DI DAERAH PARONGPONG LEBANG


PERTANIAN PALING MUDAH DI DAERAH PARONGPONG LEMBANG

Indonesia adalah negara agraris, dimana semua mata pencaharian warga indonesia adalah bercocok tanam, selain didukung oleh keadaan iklim yang tropis didukung pula dengan dikelilingi perairan. Makannya di daeerah Lembang khususnya parongpong sangat baik sekali dan cukup berpotensi untuk dijakan tempat bercocok tanam. Didukung dengan keadaannya yaitu dataran tinggi
Yang saya ingin bahas kali ini adalah cara bercocok tanam yang mudah dalam waktu yang sesingka-singkanya. Sebagian besar petani bercocok tanam bibit selada.

CARA BERCOCOK TANAM SELADA
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengankata sayuran selada, biasanya sayuran tersebut kita jumpai di rumah makan yang dipakai sebagai lalapan.

CARA PERTAMA UNTUK MENANAM BIBIT SELADA
  • -  Beliliah bibit selada paling bagus
  • -  Lakukanlah penyemaian bibit selama 2 minggu
  • (tanam benih langsung juga bisa)


Contohnya di tanam di dalam polibek

PERTANIAN PALING MUDAH DI DAERAH PARONGPONG LEBANG - BANDUNG


Cara mengolah tanah untuk penanaman bibit selada
Menunggu benih selada tumbuh selama dua hari merupakan waktu yang cukup singkat, untuk itu kita perlu menggemburkan tanah dahulu untuk tempat menanam bibit selada. Untuk tanah yang agak keras kita perlu mencangkulnya terlebih dahulu supaya penyerapan air dan kesuburan tanah dapat menunjang pertumbuhan seladah menjadi bagus. Tanah yang baik untuk menanam bibit selada adalah tanah yang hitam dan terawat



CARA PENANAMAN BIBIT SELADA DI KEBUN
Sekarang kita tinggal masuk keperkebunannya, bawa bibit selada yang sudah melalui proses penyemaian kurang lebih selama 2 minggu, tanah yang gembur sudah siap dipakai untuk menanam bibit selada. Beri jarak pada penanaman bibit selada, jangan terlalu dekat supaya tidak bertubrukan ketika besarnya.
PERTANIAN PALING MUDAH DI DAERAH PARONGPONG LEBANG - BANDUNG

CARA PENGAIRAN/PENYIRAMAN BIBIT SELADA
Nah waktu penyiraman ini yang paling lelah untuk para petani, mungkin disaat musim hujan petani tidak akan kesusahan untuk menyiram selada, namun bila bertanam saat musim kemarau para petani harus berjuang keras mendapatkan air, petani bisa mendapatkan air di aliran sungai kecil, yang kadang mengalirnya tidak tentu. Namun tidak usah khawatir karena tanaman selada  tidak terlalu memerlukan banyak air, cukup sehari sekali saja kita siram, kecuali kita menanam selada dalam jumlah yang cuckup besar  baru para petani memerlukan air yang banyak.

CARA MEMBERIKAN PUPUK PADA SELADA
Pemberian pupuk pada selada biasanya dilakukan 2 minggu setelah penanaman selada. Anda bisa memakai pupuk NPK, UREA dan POSKA.  Para petani kebanyakan menggunakan pupuk UREA, untuk harga silakan tanya ke TOKO TANI terdekat, tapi untuk anda para pemula petani anda bisa menggunakan pupuk POSKA,  ada beberapa alasan yang saya dapatkan dari surpey di lapangan untuk pupuk POSKA sangat aman digunakan karena tidak akan membuat tanaman selada mati jika terlalu dekat menaburkannya (dekat pada batang seladah) dan untuk pupuk UREA Petani Harus Teliti Dan Berhati-hati karena jika terlalu dekat penaburan pada batang bisa menyebabkan selada mati. Plihan anda yang terbaik untuk anda.

PERTANIAN PALING MUDAH DI DAERAH PARONGPONG LEBANG


SAATNYA PANEN SELADA

Nahhh,,,, ini waktu yang selalu di tunggu-tunggu, 40 hari sudah berlalu kini bibit selada yang dulu kecil sudah menjadi besar dan siap di panen. Bagi anda yang belum ahli memanen hati-hati ya potong seladanya soalnya adacaranya pula. Tapi ada juga yang potong tebas yang artinya potong tanpa di pilih. Untuk masalah harga selada itu tergantung cuaca, kadang harga bisa sangat mahal dan bisa juga sangat murah hingga merugikan para petani sendiri.

No comments:

Powered by Blogger.