TATA CARA MEMBERSIHKAN RUMAH YANG BAIK DAN BENAR

TATA CARA MEMBERSIHKAN RUMAH YANG BAIK DAN BENAR
TATA CARA MEMBERSIHKAN RUMAH YANG BAIK DAN BENAR




1.       Menyapu rumah dan halaman



Menyapu rumah adalah kegiatan ibu rumah tangga yang selalu dilakukan setiap hari, dari mulai ruangan kecil sampai ruangan utama. Mungkin bagi para pekerja atau wanita karier memegang sapu bukanlah pekerjaan yang mudah, karena mereka sering menggunaan ART untuk membersihkan setiap sudut rumahnya.

2.       Mengepel lantai



Olah raga kecil-kecilan, mengepel lantai merupakan kegiatan untuk mengkinclongkan lantai, agar rumah selalu terlihat bersih dan nyaman. Biasanya kalau jaman dulu orang membersihkan lantai menggunakan tangan dan berjongkok-jongkok ria. Nah jaman sekarang membersihkan lantai merupakan hal yang mudah karena sudah tersedia alat pel lantai dengan pegangan jadi tidak usah ribet-ribet lagi.

3.       Mencuci piring


Membersihkan piring kotor dan aneka peralatan dapur lainnya, merupakan kewajiban wanita yang berumah tangga pada umumna. Ini juga merupakan faktor utama agar dapur terlihat bersih, yang nantinya menunjang untuk kebersihan rumah anda.

4.       Mencuci baju


Pakaian anda sudah menumpuk dan malas untuk mencucinya, tak usah khawatir sekarang kan udah musim londrian nih, jadi bagi kalian yang ga ada waktu sama sekali buat bersihin baju bisa langsung aja sent baju kotor ke tukang londry. Gampang kan???

5.       Menyetrika baju


Setrikalah banju anda supaya dalam lemari anda rapih dan tidak menumpuk-numpuk seperti gunung, karena jika pakaian tertumpuk dikhawatirkan jadi sarang nyamuk. Luangkanlah waktu anda sebentar untuk menyetrika baju agar terlihat nyaman dan enak di pakai.

6.       Membersihkan tempat tidur


Ayoo siapa yang malas membbersihakan tempat tidur??? Awas ya jangan sampai kalian lupa, karena tempat tidur adalah ruangan paling utama yang harus dibersihkan, selain untuk kenyamanan tidur anda , menunjang pula untuk kebersihan ruangan sekitarnya.
7.       Membersihkan kamar mandi


Bersihkan kamar mandi yaa supaya tidak menegendap sarang nyamuk dan bakteri, ini tempat yang  paling harus bersih karena kamar mandi tempat orang membersihkan diri.

8.       Membersihkan area sekitar


Bersihkanlah area sekitar anda supaya selalu rapi dan nyaman. Baik lingkungan sekitar dalam rumah maupun area luar rumah.

9.       menguras bak mandi
membersihkan bak mandi minimal 1 minggu sekali,

10.   menutup pembuangan sampah

buanglah sampah pada tempatnya agar tidak menjadi sarang nyamuk dan bakteri



TATACARA MEMBERSIHKA RUMAH YANG BAIK DAN BENAR

sebagai mana telah dituliskan dalam hadist:

النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ
“Kebersihan adalah Sebagian dari Iman”
Hadis ini tercantum dalam kitab-kitab hadis. Al-‘Iraqi dalam takhrij Ahadits al-Ihya’ 1/73 menginformasikan hadis dengan lafadz semacam di atas diriwayatkan oleh Imam at-Thobrany dalam Al-Ausath dengan sanad yang dho’if jiddan (sanagt lemah) dari jalur periwayatan melalui Ibnu Mas’ud ra.

Ilmu manfaat menjaga kebersihan :
1.       kebersihan, kesucian dan keindahan sangat disenangi oleh Alloh SWT
2.       dengan menjaga kebersihan kita akan meningkatkan keimanan kita terhadap Alloh SWT
3.       karena menjaga kebersihan merupakan sebuah keimanan maka akan berladang pahala
4.       membuat hidup kita menjadi sehat dan bersih

Jika anda orang yang beriman dan mengerti tentang kebersihan, maka jagalah lingkungan sekitar kita, jangan sampai buang sampah sembarangan apalagi mengotori rumah tetangga, ampuunn deehhh!!!
Tulisan ini masih jauh dari hal sempurna, untuk itu bagi anda yang masih punya argumen tentan kebersihan bisa langsung coment ya,,, biar nambah  wawasan kita tentang kebersihan.
Terimakasih ,,,,


No comments:

Powered by Blogger.